Sophisticated and Modern Life

Apa pendapat kalian tentang gambar di bawah ini, kuno, tertinggal, jauh dari peradaban? Hahaha, pernyataan itu juga muncul di dalam kepala ku. Kemudian, pertanyaan muncul, bagaimana sih kehidupan yang sophisticated dan moderen? Aku berfikir kalau mobil, mall, rumah, hape, laptop, internet, dan tersedianya segala sesuatu yang sehari-hari memberikan kita kemudahan dalam melakukan kegiatan, itulah kehidupan yang sophisticated dan moderen.

Kalau lihat gambar di bawah ini, tidak ada barang-barang yang aku sebutkan di atas. Namun demikian, tidak adil juga kalau kondisi gambar di bawah ini dikatakan tidak moderen dan sophisticated, karena berbagai kehidupan dan proses yang mendukung kehidupan terjadi. Gambar di bawah ini merupakan tempat hidup berbagai binatang, satu-satunya penyuplai oksigen, dan penyerap karbondioksida. Semua yang terjadi di dalam gambar di bawah ini merupakan pendukung bagi kehidupan kita, atau akan memberikan kita kemudahan untuk kita menjalani kehidupan. Proses yang kita kenal sebagai proses fotosintesis terjadi pada gambar di bawah ini, dan proses itu kompleks, tidak semua mahluk hidup dapat melakukannya.

Gadget, rumah, dan lingkungan sekitar rumah kita, apakah menurut temans lebih kompleks prosesnya daripada fotosintesis? Yakin kehidupan yang kita jalani, yang katanya sophisticated dan moderen, memang benar demikian?

Apakah kita selama ini terlalu sombong, bahwa kita sebagai manusia dapat menciptakan gadget, membangun rumah dan gedung, merubah lingkungan disekitar kita, sehingga kita mengatakan segala sesuatu yang kita bentuk itu sophisticated dan moderen? Tanpa kita sadar, sebenarnya segala sesuatu yang sophisticated dan moderen telah terjadi jauh sebelum kita ada...

Ok, sekian hasil pertapaan ku hari ini, hahahaha....
Oiyaaa, yang jelas Go Green itu juga sophisticated dan moderen life. Buktinya kita sulit merealisasikannya atau mempertahankannya, bahkan dengan pengetahuan dan alat-alat moderen yang kita miliki....


Comments

Popular posts from this blog

Tower Air Hemat Energi (Water Tower, Environmentally Friendly)

Hujan & Hutan Pinus

Kata Siapa Go Green Harus di Luar Ruangan?